Analysis Sistem Tenaga dengan Software ETAP


Assalamualaikum...


Gimana kabar kawan-kawan, semoga baik ya hehe :D

Kli ini saya coba share buku panduan, link download software, dan penjelasan singkat.

Pasti kalau yang dari Jurusan Teknik Elektro terlebih dari arus kuat menginjak semester 3 keatas sudah mulai dikenalkan teori load flow dan analisisnya dengan sekomplek rumus hehe. #pengalamanpribadi.

Nah ternyata ada loo, software yang bantu kita untuk mempermudah mendesain, merencanakan, bahkan menganilisis suatu sistem ketenagalistrikan. Software ini sangat bermanfaat untuk melakukan berbagai analisa yang sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan.

Seorang electrical power engineer wajib untuk bisa memakai software etap mulai dari mendesain SLD sampai menganalisa sistem secara keseluruhan. Beberapa pembahasan mengenai software ETAP:


1. Pengenalan Etap
2. Single Line Diagram
3. Load Flow Analysis
4. Optimal Capacitor Placement
5. Starting motor
6. Short Circuit Analysis
7. Koordinasi Proteksi
8. Transient Stability Analysis

Nah itu tadi cerita singkatnya apa aja yang bisa dilakukan nih software yang tampilannya simpel, but berat hehe, nanti bisa didownload dibawah gan. Juga pengalaman saat saya nangani proyek analisis 4 bandara yakni, Bandara Makassar, Bandara Sepinngan, Bandara Surabaya dan Bandara Bali menggunakan Software ETAP memang pengalaman tak terlupakan, banyak ilmu dan tantangan. Intinya ETAP tuh insyaallah mudah kalau mau belajar, n cari tutorial2 baik di Yutub maupun di Gugel

Dalam projek yang beneran kita harus paham datasheet setiap komponen yang ada dilapangan baru data2 tersebut kita olah dan masukin di ETAP nya. Pengalaman kalau pas kuliah datanya ngawur, asal coba2 masukin. Maka dari itu kalau temen2 sekalian sudah bekerja dan menganalisis sistem tenaga tersebut, wajib mencari datashet setiap komponen selengkap2nya karena akan berpengaruh terhadap hasil analisnya.

Gambar 1. Spesifikasi Generator

Misal kayak gambar 1. jadi data yang dimasukin di ETAP harus sesuai dengan kenyataan. Dan nanti beberapa hal yang penting adalah, Data Sumber, Data Beban, Data CB (Bukan Cherry Belle) hehe tapi Circuit Breakernya, Data Trafo, Data Kabel yang dipakai dan Data Layout atau Single Line Diagram biasanya bentuknya autocad dari User.

Ini beberapa gambar saat ane sedang dilapangan







Ini contoh gambar desainan pribadi saya saat ngerjain projek analisis kelistrikan 4 bandara




Baik kali ini saya uploadin ebook2 yang ane punya gan. klik link dibawah ya
EBOOK ETAP


Untuk Software ane make yang ETAP 12.6, kalau yang versi yg lebih tinggi masih demo punyanya dan bisa langsung download ke etap.com
SOFTWARE ETAP


Untuk yang mau library aja nih
LIBRARY ETAP


Sekian sharing-sharing singkat kali ini guys, kalo temen-temen ada pertanyaan n diskus sangat seneng banget hehe. kontak me via telp/wa/sms (085707132649)

Sekian, Semoga Bermanfaat
AP




Comments

  1. bisa untuk desain solar panel gak min

    ReplyDelete
  2. keren gan pengalamannya
    lagi pingin belajar software kuliah lagi hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membaca Kode Warna Resistor

Cara Membaca Resistor dengan Kode Angka

Blog Baru Profesionalku