Kisah Masjid Abdulloh dan Maba UM

Masjid Abdulloh adalah sebuah masjid Perumahan Elite Perum Permata Jingga yang beralamat di JL. Permata Jingga, Lowokwaru, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119, Indonesia.

Nah di tempat inilah saya memulai kisah menjadi seorang Mahasiswa Baru Universitas Negeri Malang,

Masjid Abdulloh Permata Jingga (MAPJ)

yups, dimulai dari tawaran seseorang Bapak yang bernama Pak Haryono,

Ceritanya seperti ini...... jeng jing jeng

Ketika saya awal lulus dari SMK Negeri 3 Boyolangu, saya mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN Undangan di Universitas Negeri Surabaya, nah namun saya tidak lolos....
Tidak lolosnya tuh bukan berdasarkan nilai, melainkan tahun sebelumnya, ada yang mendaftar diri di Kampus tersebut dan lolos seleksi, namun peserta yang lolos tidak melanjutkannya, jadi SMK ku di blacklist deh hehehe.....

Sempat setelah itu saya kecewa dong hehe,  jadi dalam hati bergumam "yah gak usah kuliah aja deh".
Beberapa bulan setelah SNMPTN Undangan, ternyata ada SNMPTN Tulis (kalo sekarang namanya SBMPTN), nah disitu saya diajak temen-temen SMK untuk nyoba daftar di SNMPTN Tulis di Malang, yakni di Kampus Universitas Negeri Malang.
Btw temen-temen SMK yang ngajak saya itu ada Umi Kulsum, Luvi Puspita, Vivi Nur Laili, Pinanggih, Sulung, dan Heru..........

Yah, karena hati masih ada kekecewaan, akhirnya saya ikutan aja. Namun niatnya sebenarnya bukan untuk daftar kuliah, melainkan main ke Kota Malang, dan merasakan yang kata orang, Dinginnya Kota Malang.

Well ketika hari SNMPTN Tulis, saya g terlalu serius menjawab soalnya, namun untuk soal TPA, Matematika dan Fisika, Serius banget saya hehehe.

Terus muncul nih pengumuman yang lolos SNMPTN Tulis, setelah saya cek n ricek, ternyata jeng jeng.........

SAYA TIDAK LOLOS SNMPTN TULIS

haha, kecewa lagi kedua kale,......

Terus tiba-tiba setelah beberapa hari pengumuman SNMPTN Tulis, saya di kabari Vivi, kalau saya lolos di Universitas Negeri Malang,

kaget...???. So pasti, terus saya tanya2 deh, n kroscek di Web... dan Alhamdulillah Saya Lolos jalur Seleksi Mandiri Undangan Berdasarkan Nilai Ujian Tulis SNMPTN,

cie... seneng.... ternyata habis dilihat-lihat lagi, eh ternyata bayar?, padahal dulu saya ngincer Beasiswa BIDIKMISI, yah kecewa lagi deh, akhirnya beneran dalam hati mutusin "gak usah kuliah". Soalnya saya memang dari keluarga yang gak mampu hehehe :D

ini deh pengumumannya hehe


yah setelah ngeliat foto di atas jadi pesimis,

Tapi beneran jika Allah sudah berkehendak maka sesuatu yang gak mungkin bakal terjadi,
nah sehari setelah pengumuman, saya ditelfon orang yang gak kenal nawari buat kuliah,
ya secara saya lagi pesimis, saya anggap itu orang tipu-tipu hehe, tapi nelfon 3x,

Akhirnya si orang misterius ini minta alamat rumah saya, dan terus datang deh ke rumah saya, ternyata beliau bernama Pak Haryono dan Bu Utik, Beliau-beliau ini bekerja di Pemda Tulungagung, nah Beliau-beliau ini memiliki Paguyuban yang mau ngebantu anak-anak berpotensi untuk bisa kuliah.


Nah terus Pak Har tanya nih, "Adhi kamu mau kuliah?"
saya jawab, "tentu mau dong Pak, tapi bayar loo pak."
dijawab oleh Beliau, "Ya kuliah itu mbayar, kalau ga bayar kuliahnya mbahmu?"
saya sambil mesem-mesem, terus ngomong "la terus gimana pak?"
Pak bilang gini, "ini ada tawaran di D3 ITS mau?, tapi tes dulu."
karena saya udah keterima di UM, ya saya jawab "Alhamdulillah saya sudah diterima di UM pak, tinggal registrasi tapi gak ada biaya"
Pak Har dan Bu Har langsung merespon,"ok kapan registrasinya segera ke Malang sama Bapakmu ya?. Ini saya kasih uang cash + buat ongkos ke Malang"
Beliau menambahi, "kalau gitu mau Kuliah sambil tinggal di Masjid...???"
Saya dan Kedua ortu berpikir sejenak, ................
Ortu pun mengungkapkan, "Jika ini yang digariskan Allah jalani aja le?"

Singkat cerita, saya memutuskan untuk kuliah, dan saya bertanya lagi ke Pak Har, "Untuk biaya selanjutnya bagaimana Pak?"
Pak Har dengan singkat berkata,"Tenang aja Allah gak tidur"


Akhirnya saya pun ke Malang dan harus menuju tujuan pertama yakni ke Masjid Abdulloh Permata Jingga,
disana saya ketemu dengan Dosen Brawijaya Bapak Maftuch, dan dikenalkan Pengurus-pengurus Masjid Abdulloh, dan selama saya di Masjid Abdulloh saya dibimbing oleh Pak Basir,

Nah singkat cerita akhirnya saya berhasil kuliah di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, dan saya tinggal serta menjadi Takmir di Masjid Abdulloh Permata Jingga.


nah cerita saya kuliah tidak lepas dari yang namanya Masjid, Alhamdulillah Allah selalu memberikan Nikmat yang sangat luar biasa, namun kadang saya masih kufur nikmat. Padahal Allah telah Berfirman:

فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ
 Artinya:
 Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (Q.S Ar-Rahman ayat 55)

hehehe itu sedikit kisah kuliah saya.

nah yang ini foto-foto selama saya di Masjid dan Menjadi Mahasiswa Baru.

Habis ngepelin lantai masjid wkwkw
Pose di dalam MAPJ


Pose di FT-UM

Nah mungkin itu cerita kuliah pertama kaliku,
Semoga Bermanfaat,
AP




Comments

Popular posts from this blog

Cara Membaca Kode Warna Resistor

Cara Membaca Resistor dengan Kode Angka

Blog Baru Profesionalku